PON 2024

NEWS

Latihan Habis-habisan Dibayar Tuntas, Atlet Gulat Sarah Novita Persembahkan Emas PON XXI Untuk Jabar

Senin, 16 September 2024 | 23:41 WIB

Pegulat putri Sumut Dewi Sartika Nasution (merah) melawan pegulat Jabar Sarah Novita (biru) saat bertanding pada Gulat Gaya Bebas kelas 50 Kg Putri PON XXI Aceh-Sumut di GOR Binjai, Sumatera Utara, Senin (16/9/2024). PON XXI SUMUT/RISKY CAHYADI

PON XXI - BINJAI - Senyum sumringah terpancar dari wajah Sarah Novita, atlet Gulat Putri Jawa Barat (Jabar) usai menyabet Medali Emas pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 yang berlangsung di GOR Binjai, Senin (16/9/2024).

Wanita lulusan Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Pasundan Cimahi itu merasa sangat terharu, karena perjuangannya yang sudah cukup lama berbuah manis, yaitu dapat merebut Medali Emas untuk Jabar.

Di partai final, Sarah Novita berhasil mengalahkan pegulat putri Sumatera Utara (Sumut), Dewi Sartika Nasution, pada Kelas 53 Kg Gaya Bebas Putri. 

Meski melawan pegulat tuan rumah, Novita mengaku tidak gentar untuk menunjukkan performa terbaik. 

“Benar-benar kayak enggak nyangka banget bisa dapat Medali Emas,” kata Novita usai penyerahan medali.

Diakui Novita, untuk persiapan menghadapi PON XXI Aceh-Sumut 2024, dirinya sangat habis-habisan berlatih. 

Dalam sehari, Novita latihan 3 kali, bahkan saat latihan, dirinya sampai menangis hingga dimarahi pelatih. 

“Tapi, hasilnya terbayar tuntas. Pada pagelaran PON XXI yang paling susah adalah melawan diri sendiri. Kemenangan ini untuk keluarga di rumah dan tim,” ujarnya.

Novita juga mengungkapkan, hal yang paling disyukurinya adalah baru pertama kali bertanding di ajang PON, langsung bisa menyabet Medali Emas. 

Semua itu, menurut dia, tidak terlepas dari doa dan dukungan keluarga, juga pelatih.

“Untuk target SEA Games Kamboja 2025, saya berhara bisa lolos. Saya akan terus berlatih,”ujarnya.

Para juara Cabor Gulat di Kelas 53 Gaya Bebas Putri pada hari pertama, Senin (16/9/2024) adalah, Juara I (Emas) Sarah Novita, Kontingen Jabar, Juara 2 (Perak) Dewi Sartika Nasution, Kontingen Sumut.

Kemudian, Juara 3 Bersama (Perunggu) diraih Selfi Ajeng Safitri, Kontingen DKI Jakarta, dan Annisa Safitria, Kontingen Kalimantan Timur (Kaltim).(PB PON XXI 2024 SUMUT/Reza Perdana)