PON 2024

NEWS

Cabor Drumband di PON XXI Resmi Berakhir, Sumut Juara Umum

Senin, 16 September 2024 | 23:32 WIB

Tim drumband Sumatera Utara nomor LKKB Campuran 8000 meter memperoleh medali emas dalam ajang PON XXI Aceh-Sumut di lapangan Kompi 2 Sat Brimob, Jalan Sultan Serdang, Tanjung Morawa, Deli Serdang pada Senin (16/9/24). PB PON XXI SUMUT / WAHYUDI ATMAWAN

PON XXI - DELISERDANG-Cabang olahraga (Cabor) Drumband PON XXI Aceh-Sumut 2024 memperebutkan 17 medali emas yang berlangsung selama 10 hari dengan tiga lokasi pertandingan berbeda resmi berakhir, Senin (16/9/2024). 

Sumatera Utara keluar sebagai juara umum cabang olahraga ini dengan meraih 7 medali emas dan 1 medali perak. Sedangkan runner up diraih DI Yogyakarta dengan perolehan 2 emas lima perak dan 4 perunggu. 

Sedangkan tempat ketiga diraih DKI Jakarta dengan perolehan 2 emas dan tiga perak. Sedangkan peringkat keempat diraih Di Aceh dengan perolehan 2 emas 2 perak dan 1 perunggu. 

Sementara, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah dan Kalimantan Tengah masing masing mendapatkan satu medali emas. 

Perlombaan drumband di PON XXI tersebut resmi ditutup langsung Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Persatuan Drumband Indonesia (PDBI), Marsma Ronny Irianto Moningka di Lapangan Mako Brimob Kompi 2A Sumatera Utara.

Dalam sambutannya Ronny mengungkapkan, dalam pertandingan ada yang menang dan ada yang kalah. Hal tersebut sangatlah wajar. 

Dirinya juga mengucapkan selamat kepada rim Sumatera Utara yang telah tampil sebagai juara umum dalam   cabang drumband PON XXI Aceh-Sumut 2024 ini. 

"Aplaus kepada tim Sumatera Utara yang telah meraih tujuh medali emas. Rasa salut juga kepada Sumatera Utara sebagai tuan rumah yang telah menyiapkan  ruang dan tempat dengan baik untuk pertandingan drumband ini," ungkapnya. 

Dirinya juga mengucapkan selamat kepada DI Yogyakarta yang ada di peringkat kedua. Hal ini menunjukkan merreka sangat tampil konsisten seperti di babak kualifikasi PON. 

"Selamat juga kepada DKI Jakarta dan Aceh. Ajang ini juga sebagai sillaturahim kita sesama atlet drumband. Berbanggalah kita dengan apa yang kita capai, " katanya. 

Dia menambahkan, melihat perolehan medali emas dalam PON kali ini, persaingan antar provinsi cukup ketat. Sebab, semuanya dapat medali emas.

"Saya lihat hasilnya mereka sangat pantas mendapatkanya. Persaingan cukup ketat karena kemampuannya merata. Semua dapat medali emas. Dewan juri juga butuh kejelian dalam menilai dan menentukan pemenang," tambahnya saat ditemui usai acara penutupan. 

Saat ditanya bagaimana PON NTT dan NTB empat tahun yang akan datang, dirinya berharap drumband bisa kembali diperlombakan. 

Diakuinya, saat ini drumband memang berkembang pesat di wilayah barat. Namun, begitupun dia berharap juga nantinya berkembang di daerah timur.

"Kami berharap di PON akan datang drumband kembali diperlombakan. Pesertanya juga ditambah. Tidak hanya delapan provinsi saja. Jadi persaingan semakin ketat dan kemampuan masing masing provinsi semakin ditingkatkan," pungkasnya. (PB PON XXI SUMUT/ REZA SHAHAB)