PON 2024

NEWS

Sumut Dapat Tambahan 1 Medali Emas dan 1 Perunggu dari Karate

Senin, 16 September 2024 | 22:57 WIB

Atlet Karate Sumut, M Arif Fadhillah (dua kiri), bersama atlet karate DKI Jakarta, Mohammad Fadil (kiri), atlet karate Bali, I Kadek Hendra (dua kanan) dan atlet karate Jawa Barat, Sandy Firmansyah (kanan) foto bersama usai pengalungan medali Final Kumite Perorangan di bawah 84 kilogram putra PON XXI Aceh-Sumut 2024 di Gedung Serbaguna Unimed, Deliserdang, Senin (16/9/2024). Atlet karate Sumut mendapatkan medali emas, medali perak oleh atlet karate DKI Jakarta sedangkan medali perunggu oleh atlet Bali dan Jawa Barat. PB PON XXI Sumut/Khairil Umri

PON XXI - MEDAN - Cabang olahraga (cabor) karate turut menyumbang 1 medali emas dan 1 perunggu untuk Sumatera Utara (Sumut) di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut yang digelar pada Senin (16/9/2024) di Gedung Serbaguna Universitas Negeri Medan (Unimed). 

Satu medali emas diraih oleh M Arif Fadhillah di nomor kumite -84 kilogram putra usai mengalahkan Mohammad Fadillah karateka perwakilan dari DKI Jakarta di partai final. Sementara 1 medali perunggu diraih oleh Daniel di nomor kumite perorangan +84 kilogram putra setelah mengalahkan Saka Jaya yang merupakan karateka perwakilan Kalimantan Barat. Daniel gagal melaju ke partai final usai dikalahkan karateka dari Jawa Barat yakni Huggies Yustisio.

Ketua Umum Pengurus Provinsi (Pengprov) Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (FORKI) Sumut, Rahmat Shah, mengatakan torehan yang telah diraih karateka Sumut patut diapresiasi. 

“Saya pikir kita bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa berkat doa, latihan, dan dukungan semua pihak. Memang sedikit kecewa lolos (lepas) satu emas lagi yang semestinya untuk kita,” katanya. 

Kendati target awal tak terpenuhi, namun Pengprov FORKI Sumut tetap bersyukur atas sumbangan 1 medali emas dan 1 perunggu di PON XXI lewat cabor karate.

“Tapi itu pertandingan, semua mau menang dan jadi juara. Ada hal-hal yang di luar kuasa kita. Atlet sudah main semampunya tapi keadaannya beda. Kami menikmati hasilnya,” ucap Rahmat Shah. 

Menurut Rahmat Shah, pertandingan hari pertama cabor karate di PON XXI berjalan lancar tanpa kendala apa pun. 

“Yang penting kita sebagai tuan rumah tidak ada akal-akalan. Semuanya normal, apa adanya,” ucapnya dengan singkat. 

Selanjutnya, kontingen Sumut menargetkan satu hingga dua emas tambahan di cabor karate. 

“Insyaallah akan ada satu dan dua emas lagi, kita berusaha. Tapi yang penting semua lancar, bahagia, kekeluargaan, dan persaudaraan di keluarga besar karate terjaga,” pungkas Rahmat Shah. 


Tambahan 1 emas dan 1 perunggu membuat Sumut sementara berada di posisi kedua dalam perolehan medali di cabor karate. Puncak klasemen sementara perolehan medali diduduki oleh Jawa Barat dengan 1 emas, 2 perak, dan 1 perunggu.(PB PON XXI Sumut/Anugrah)