PON 2024

NEWS

Sambo Persembahkan Dua Emas untuk Sumut

Senin, 16 September 2024 | 22:54 WIB

Atlit Sambo Putra Sumut Andry Irwansyah Silaen ( biru) piting Atlit Sambo Sumbar (merah) pada ajang PON XXI Aceh - Sumut. Cabor Sambo Putra kelas 58 kilogram yg berlangsung di GOR Stabat Kab. Langkat, Senin, 160924/PB PON XXI SUMUT / Rahayu Effendi

PON XXI - LANGKAT. Atlet cabor sambo berhasil mempersembahkan dua medali emas bagi kontingen Sumatera Utara, pada pertandingan PON XXI 2024 Aceh-Sumut yang digelar di Gedung Serba Guna Stabat, Kabupaten Langkat, Senin (16/9).

Dua medali emas itu disumbangkan oleh Faizal Iwansyah Lase di kelas Combat 53 kg Putra setelah pada pertandingan final menumbangkan lawannya, Yeremia Kaunang dari Sulawesi Utara 6-1.

Kemudian medali emas kedua disumbangkan Andry Irwansyah Silaen, setelah pada pertandingan final di kelas 58 kg putra menumbangkan Ridho Ichlas Ichsan dari Sumatera Barat.

Sementara atlet Putri Prihandini di kelas 47 Woman harus puas menerima medali perunggu, mesti menang bertarung lawan Indry M Soliha dari Aceh.

Pelatih cabor Sambo Pengprov Sumut, Jansa Putra Nainggolan SH, mengatakan, berterima kasih kepada seluruh pendukungnya, dihari pertama pertarungan cabor sambo, Sumut meraih dua emas dan 1 perunggu.

"Terima kasih buat seluruh staf pelatih Sumut yang selama 2 tahun ini mendampingi atlet untuk berlatih dengan keras. Baik di dalam maupun di luar negeri, sehingga pada hari ini kita saksikan kita telah memperoleh dua medali emas," katanya.

Dikatakan Jansa Putra Nainggolan, ini merupakan suatu sejarah buat Sumut, karena merupakan cabor baru yang dipertandingkan di PON, dan mudah-mudahan untuk besok ada tiga hari lagi, bisa memberikan hasil yang terbaik untuk Sumut, katanya.

Sedangkan dua medali emas lainnya direbut Jawa Barat melalui Imam Maulana Mutaqin di kelas 53 kg putra, dan Ryan Ramadhan yang menang bertarung di kelas 71 kg putra. Dan satu medali emas di kelas 47 Woman direbut Ghea Cholifah Santika setelah berhasil melumpuhkan lawannya Afifah Raudatul Jannah dari DKI Jakarta.(PBPONXXI2024/Misno)

Foto: Andry Irwansyah Silaen atlit Sambo Sumut mengunci lawannya Ridho Ichlas Ichsan dari Sumatera Barat saat pertarungan final di kelas 58 kg putra cabor Sambo di PON XXI 2024.(Misno)