PON 2024

NEWS

Jurnalis Peliput PON XXI Merasa Nyaman dengan Fasilitas Media Center

Senin, 16 September 2024 | 21:20 WIB

POTO BY (PB PON XXI SUMUT/Hafnida Dalimunthe)

PON XXI - Medan - Penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI tersisa empat hari lagi. Kini event ini menjelang dilaksanakannya upacara penutupan pada 20 September mendatang.

Selama hampir tiga pekan penyelenggaraan PON XXI, peran Media Center menjadi sangat strategis bagi para jurnalis peliput PON.

Salah seorang jurnalis dari Nusa Tenggara Timur (NTT) Aloysius Tani, menyatakan sangat nyaman berada di Media Center Utama PON XXI yang difasilitasi Kementrian Kominfo.

Ditemui di Media Center, Senin (16/9/2024), Aloysius yang merupakan Jurnalis dari RRI Kupang menyatakan, terdapat empat orang jurnalis NTT peliput PON. Dua orang ditugaskan untuk meliput PON di Aceh, dan dua orang lainnya termasuk dirinya bertugas meliput PON di Sumatera Utara.

“Kami dari NTT ada empat orang wartawan yang dikirim meliput PON, dua bertugas di Aceh dan dua lagi bertugas di Sumut,” ujar Aloysius.

Sebagaimana diketahui Aceh dan Sumut merupakan tuan rumah bersama penyelenggaraan PON XXI yang telah dibuka secara resmi pada 9 September 2024. Fasilitas Media Centre Sumut menurutnya punya fasilitas yang lengkap dan nyaman. 

“Media center nya sangat nyaman, fasilitas nya juga oke. Semua fasilitas tersedia dari wifi, ruangan dingin, colokan Listrik banyak, serta makan minum nya juga selalu tersedia,” ujar Aloysius.

Menurut Aloysius, dia bertugas meliput 13 cabang olahraga (Cabor) yang diikuti Kontingen NTT diantaranya Cabor Futsal Putra, Aquatik Renang, Kick Boxing, Pencak Silat, Esport, Gateball, Atletik, Bermotor Gastrack, Balap Motor, Karate, Wushu, Cricket, Tinju dan Ski Air.

Hingga 16 September sore, klasemen puncak perolehan medali masih diduduki oleh Kontingen DKI Jakarta yang memperoleh 298 medali terdiri dari 111 emas, 96 perak dan 91 perunggu. Posisi kedua diduduki  Provinsi Jawa Barat dengan 309 medali yakni 105 emas, 105 perak dan 99 perunggu.

Sementara di posisi ketiga ditempati Provinsi Jawa Timur dengan perolehan 274 medali yakni 96 emas, 89 perak, dan 89 perunggu.

Sementara tuan rumah Sumatera Utara menempati posisi ke empat dalam perolehan medali yakni 142 medali, dengan rincian 52 emas, 28 perak dan 62 perunggu.

Di bawahnya, Provinsi Aceh yang juga tuan rumah bersama, menempati posisi di bawah urutan ke 5 dengan perolehan 117 medali, yakni 42 medali emas, 36 medali perak dan 39 medali perunggu. (PB PON XXI SUMUT/Hafnida Dalimunthe)