PON 2024

NEWS

Richie Richardo Tundukkan Zidane, Raih Tiket Delapan Besar

Senin, 16 September 2024 | 20:54 WIB

Pebulu tangkis Jawa Tengah (Jateng), Richie Duta Richardo, menundukkan wakil Kalimantan Timur (Kaltim), Zidane Dwi Cahyo, pada pertandingan 16 besar bulutangkis nomor perorangan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024. Photo by : Christopel/ PB PON XXI SUMUT

PON XXI - MEDAN - Pebulu tangkis Jawa Tengah (Jateng), Richie Duta Richardo, menundukkan wakil Kalimantan Timur (Kaltim), Zidane Dwi Cahyo, pada  pertandingan 16 besar bulutangkis nomor perorangan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024.

Pada laga di Gedung PBSI Sumut, Senin (16/9/2024), Richie yang merupakan unggulan keempat, meraih kemenangan straight set 21-19 dan 21-12.

Sejak awal pertandingan, Richie yang merupakan atlet PB Djarum mendapat perlawanan sengit dari Zidane. Kedua pemain terlibat saling kejar poin dengan skor yang terus imbang, mulai dari 3-3 hingga 7-7. Pada interval pertama, Richie unggul tipis 11-10.

Setelah jeda, Richie mulai memperlebar jarak setelah smash kerasnya beberapa kali gagal diantisipasi Zidane. Namun saat ia seperti sudah berada di atas angin, Zidane meningkatkan intensitas serangan dan berhasil menipiskan jarak 20-19. Richie akhirnya menyudahi set pertama setelah satu pukulan drive yang dilepaskannya dinyatakan masuk.

“Di set pertama, saya sempat kurang sabar saat bermain di depan net. Sebenarnya, saya ingin bermain menyerang dulu, tapi Zidane juga bermain agresif dan punya pertahanan yang bagus. Jadi kami saling adu di depan net untuk menciptakan peluang dari bola atas,” katanya.

Di set kedua, permainan Richie lebih mengalir. Sementara Zidane justru kehilangan momentum. Setelah unggul 11-7 di interval, smash-smash Richie semakin menyulitkan Zidane dan pertandingan berakhir dengan skor 21-12.

“Set kedua  lebih nyaman. Saya lebih banyak memberikan bola di depan, sehingga lawan tidak bisa melakukan smash,” ujar atlet kelahiran 23 November 2007 ini.

Richie mengakui satu di antara kunci kemenangannya adalah bermain tenang. Ia juga tidak pernah lupa memanjatkan doa sebelum bertanding.

“Sebelum masuk lapangan, saya selalu berdoa agar diberi kemudahan dan bisa bermain dengan tenang,” ucap Richie. (PB PON XXI SUMUT/CHRISTOPEL)