PON 2024

NEWS

Diredam Sulteng di Nomor Triple Campuran, Tim Gateball Sumut Hadapi Laga Hidup Mati Vs Sulsel

Senin, 16 September 2024 | 18:55 WIB

Atlet Tim Gateball Triple Campuran Sumatera Utara Zeno Eronu Zalukhu (kiri) dan Mei Yunita Mendrofa saat bertanding melawan tim Gateball Triple Campuran Sulteng pada babak penyisihan Gateball Triple Campuran PON XXI Aceh-Sumut 2024 di lapangan Pergatsi Sumut, Medan, Senin, (16/9/2024).PB PON XXI Sumut/ Andi Suhendri Rambe

PON XXI - MEDAN-Tim Gateball Sumut harus menjalani laga penentuan melawan Sulawesi Selatan (Sulsel)l di nomor Triple Campuran untuk dapat menembus babak semifinal PON XXI. 

Ini terjadi setelah laju tuan rumah Sumut diredam Sulsel pada pertandingan kedua babak penyisihan, di Lapangan Pergatsi Sumut, Kota Medan, Senin (16/09/2024). 

Pertandingan kedua ini, ada dua laga yang ditandingkan. Tuan rumah Sumut bersua Sulsel dan Papua kontra Sulsel pada Pool A, serta Jabar vs NTT dan Sulut vs Aceh pada Pool B.

Dalam pertandingan yang digelar di Lapangan 2 Venus Gateball PON XXI, Sumut terlihat masih menunjukkan kecermatannya dalam penempatan bola. Namun bola yang ditembak tampak beberapa kali meleset dari sasaran.

Pada babak pertama, Sumut yang menggunakan bola merah, takluk dengan skor 12-19. Pada babak kedua, permainan Sumut terlihat lebih baik, tetapi Sulteng lagi-lagi mampu bermain lebih tenang dan akurat, seperti pada babak pertama.

Alhasil, Sulteng kembali meredam tim Sumut yang didukung ratusan suporter. Babak kedua ditutup dengan 11 gol untuk Sumut dan 14 gol di kubu Sulteng.

Pada hasil akhir, Sumut hanya mampu menorehkan 23 gol dan Sulteng 32 gol sehingga tim tamu memiliki surplus hingga 10 gol.

Dengan hasil ini Sulteng mengambil alih pimpinan klasemen sementara dari Sumut yang melorot ke posisi ketiga.

Meski sama-sama memiliki tiga poin kemenangan, tetapi posisi Sumut melorot hingga ke bawah Papua. Hal itu karena pada pertandingan yang lain, Papua mampu mengalahkan Sulsel dengan surplus gol yang cukup besar.

Pada pertandingan itu, Papua mencetak total 38 gol, sedangkan Sulsel hanya 12 gol, sehingga Papua memiliki surplus hingga 10 gol. Pada klasemen sementara, jumlah total gol (memasukkan-kemasukan) milik Papua sebanyak 21 dari dua pertandingan, sedangkan Sumut mengalami defisit, minus 5.

Situasi ini membuat tim Sumut harus menjalani "laga hidup-mati" melawan Sulsel. Sumut harus memenangkan pertandingan untuk memastikan diri lolos ke babak semifinal.

Sebab pada pertandingan pertama, Sumut menang melawan Papua, sedangkan Sulsel mengalami kekalahan atas Sulteng. Sementara pada Pool B, Sulut mengukuhkan dominasinya dengan melibas Aceh dan posisi kedua ditempati Jabar yang mengalahkan NTT. (PBPONXXISUMUT/YOSEPH PENCAWAN)