PON 2024

NEWS

Final Esport Bali Vs DKI Jakarta di Eksibisi Battle of Guardians Digelar Besok

Senin, 16 September 2024 | 18:46 WIB

POTO BY (PB PON XXI SUMUT/Irin Juwita)

PON XXI - MEDAN - Grand Final eksibisi cabang olahraga (cabor) Esport battle of guardians (BOG) pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024, akan mempertemukan Bali vs DKI Jakarta, yang akan digelar Selasa (17/9/2024) di Medan International Convention Center (MICC) Jalan Ringroad / Gagak Hitam Medan.

Pertandingan dua atlet battle of guardians yang berlaga nantinya yakni Oka Triana Wisnawa (Bali) dan Mohammad Safei (DKI Jakarta) akan berlangsung secara on stage (live) di venue utama cabor esports.

Head of Business Development Battle of Guardians, Rayyan Adn, mengatakan pihaknya telah melakukan rangkaian persiapan untuk grand final yang akan disiarkan secara on stage (live).

"Persiapan kita sudah melakukan koordinasi dengan semua pihak terutama dari tim broadcast hingga testing untuk pertandingan grand final besok," kata Rayyan, Senin (16/9/2024).  

Menurut Rayyan, hadirnya grand final ekshibisi esports battle of guardians di venue Utama di PON XXI, bisa semakin memperkenalkan game fighting lokal bukan hanya di masyarakat Aceh-Sumut saja, tetapi ke seluruh Indonesia. 

"Karen nantinya, kita berharap di PON selanjutnya battle of guardian menjadi cabor resmi di PON selanjutnya pada 2028 dan diikuti semua atlet dari provinsi yang ada di Indonesia," ujarnya.

Menurutnya perwakilan atlet yang mengikuti ekshibisi esports game lokal Indonesia ini memiliki skill di atas rata-rata dan para player sudah berkembang. 

"Di Kompetisi nasional ini melihat ada bibit unggul. Kedepan semoga battle of guardians bisa membuat kompetisi yang lebih besar lagi kedepannya. Jadi tidak hanya menunggu PON tapi setiap tahun punya kompetisi besar yang bisa diikuti player seluruh Indonesia," sebut Rayyan.

Diketahui, di ekshibisi esports battle of guardians diikuti delapan provinsi yakni IKN, Bali, Sulawesi Utara, DKI Jakarta, Bante, Sumatera Utara, Kalimantan Barat dan Jawa Timur. Pertandingan sudah dua hari digelar. 

Pada hari kedua pertandingan, upper bracket DKI Jakarta vs Bali dengan hasil 3-1, di mana Bali mengamankan slot ke grandfinal. di lower bracket Banten vs Kalimantan Barat dengan menang 3-0. Untuk mencari ke grand final DKI vs Kalbar, dimenangkan Jakarta dengan skor 3-2. 

Di ekshibisi itu akhirnya Kalimantan Barat berhasil menyabet posisi ketiga meraih perunggu. Sedangkan Bali dan Jakarta akan menuju grand final.

 (PB PON XXI SUMUT/Irin Juwita)