PON 2024

NEWS

IKN Utus Atlet Berlaga di Eksibisi Esport Battle of Guardians, Berharap Game Lokal Dipertandingkan

Senin, 16 September 2024 | 18:44 WIB

Atlet IKN Esports BOG M Reza Danuarta. Foto by Irin Juita/PB PON XXI SUMUT

PON XXI - MEDAN - Atlet Ibu Kota Nusantara (IKN) ikut meramaikan laga eksibisi cabang olahraga (cabor) Esport battle of guardians (BOG) pada ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut yang digelar di Medan International Convention Center (MICC) Jalan Ringroad Medan.

Perwakilan atlet IKN adalah M Reza Danuarta, diutus PB ESI Kalimantan Timur untuk mewakili ibu kota baru di Indonesia di pertandingan ekshibisi esports BOG. 

"Saya asal dari Tenggarong, Kalimantan Timur. Awalnya mendapatkan undangan dari ESI Kaltim untuk mewakili IKN di cabor esports BOG," kata Reza, saat ditemui di sela-sela pertandingan laga eksibisi BOG, Senin (16/9/2024.

Reza mengakui game lokal fighting buatan Indonesia ini punya potensi lebih besar untuk maju di industri Esport Indonesia. "Awalnya saya, lebih menekuni nomor lokapala. Namun, setelah mengikuti Pra PON dan melihat ada teman juara piala presiden di game BOG ini tertarik dan jadi ikut main juga," ujarnya. 

Pria 21 tahun ini, menceritakan persiapan yang dilakukan untuk bisa menjadi atlet dan bertanding di laga ekshibisi esports BOG di PON XXI SUMUT tahun ini. "Selama persiapan menuju ke sini saya sering latihan, main bareng dan screen online. Memang untuk ekshibisi ini tidak ada pelatda," ungkapnya. 

Reza pun berharap ke depannya battle of guardians bisa masuk dalam cabor resmi esports pada PON yang akan datang. Selain itu,  industri esports Indonesia semakin maju dan banyak event esports menjangkau lebih luas ke daerah-daerah.

"Semoga bisa masuk cabor resmi berikutnya dan saya kembali ikut PON ke depan. Berharap juga semakin banyak event dibuat ke daerah tempat-tempat terpencil turnamen lebih banyak," ungkapnya.

Diakhir, tak lupa Reza mengaku pelaksanaan PON XXI di Sumut sangat baik dan fasilitas yang disediakan oleh panitia pelaksana sangat lengkap. "Venue, internet, hotel dan lainnya baik," ucapnya. 

(PB PON XXI SUMUT /Sumut/ Irin Juwita)