PON 2024

NEWS

Dilengkapi Berbagai Fasilitas dan Berstandar Nasional, Lapangan Gateball Sumut PON XXI Jadi Venue Terbaik di Indonesia

Senin, 16 September 2024 | 18:23 WIB

Suasana venue cabang olahraga Gateball di Lapangan Pergatsi, Medan, Sumut, Senin (16/9). PB PON XXI SUMUT/ABDAN SYAKURO

PON XXI - MEDAN-Lapangan Persatuan Gateball Seluruh Indonesia (Pergatsi) Sumatera Utara (Sumut) yang menjadi venue pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI ternyata merupakan venue gateball terbaik di Indonesia.

Bukan tanpa sebab, lapangan gateball yang berada di Jalan KL Yos Sudarso, Tanjung Mulia, Medan Deli ini memiliki fasilitas yang memadai dan berstandar nasional. 

Di antaranya, terdapat empat  lapangan gateball yang dibangun secara berdempetan. Selain itu, dibangun pula 1 lapangan untuk pemanasan.

Ketua Persatuan Gateball Seluruh Indonesia (Pergatsi) Provinsi Sumut, Junaidi mengatakan pihaknya menggandeng Kementerian PUPR dalam membangun lapangan tersebut.

"Lapangan ini kita bangun dalam waktu sekitar satu bulan. Kita kerja siang dan malam karena harus mempertimbangkan juga faktor cuaca. Sebab, belakangan ini terjadi hujan disertai angin kencang dan petir," ujar Junaidi saat diwawancarai, Senin (16/9/2024).

Dijelaskannya, Lapangan Gateball Sumut ini dibangun dengan fasilitas yang mumpuni. "Kita tidak hanya sekedar membangun lapangan tetapi juga sarana pendukung, seperti kafe,” jelasnya.

Selain itu, Junaidi juga menjelaskan venue ini juga akan dilengkapi dengan taman-taman di sekelilingnya.

“Dengan harapan dapat menarik minat masyarakat sehingga tertarik terhadap olahraga gateball ini," ungkap Junaidi yang juga Ketua Panitia Pelaksana Cabor Gateball PON XXI.

Menurut dia, adanya fasilitas tersebut merupakan salah satu cara untuk memasyarakatkan olahraga gateball. "Kami juga akan sering mengadakan event di lapangan ini, mulai dari tingkat regional sampai tingkat nasional dan internasional," ucapnya.

Junaidi menyebutkan, dalam membangun lapangan tersebut tentu mempertimbangkan skala prioritas. 

"Kita memilih skala prioritas dulu yang akan dibangun, misalnya tribun penonton. Harus diakui, memang saat masih jauh dari sempurna. Akan tetapi, kami berkomitmen untuk membenahi kedepannya menjadi lebih baik lagi," sebutnya.

Ketua KONI Sumut Jhon Ismadi Lubis mengatakan pihaknya mendorong Pergatsi Sumut untuk mengembangkan venue gateball tersebut menjadi sport tourism. 

Hal ini lantaran venue itu merupakan lapangan terbaik terbaik di Indonesia. "Mungkin lapangan ini adalah lapangan gateball terbaik di Indonesia, belum ada di daerah lain lapangan dengan venue seperti ini," ujarnya saat berkunjung pada Senin siang.

Diutarakan Jhon, setelah melihat langsung lapangan tersebut ternyata fasilitasnya cukup lengkap, bukan hanya lapangan gateball saja. Ada dua tribun penonton yang sudah dibangun. Kemudian, akan dibangun kafe.

"Pergatsi menggenjot pembangunan lapangan gateball ini karena harus bisa digunakan untuk pertandingan PON XXI. Bahkan, mungkin juga nanti akan dibangun wisma atlet," cetusnya.

Jhon mengharapkan ke depan bisa dibuat kegiatan turnamen di Lapangan Gateball Sumut, seperti kejuaraan nasional (kejurnas) gateball. 

"Kami mengusulkan, kenapa tidak dibuat kegiatan berskala internasional? Misalnya, Kejuaraan Selat Malaka. Kita undang negara-negara tetangga untuk ambil bagian pada kompetisi tersebut dan sekaligus sebagai sport tourism," pungkasnya.

Sementara itu, mewakili Pemprov Sumut, Ketua Bidang Pemasaran dan Promosi PB PON Wilayah Sumut Faisal Arif Nasution merasa bangga dengan keberadaan venue gateball ini karena menjadi yang terbaik di Nusantara. 

"Ini menjadi kebanggan provinsi Sumut. Pemprov Sumut sangat bangga dengan keberadaan venue gateball ini, kemungkinan yang terbaik di Indonesia. Ini tentunya memberikan motivasi kepada atlet-atlet, khususnya atlet gateball Sumut untuk bisa menambah semangat," ujar Faisal yang juga berkunjung ke Lapangan Gateball Sumut.

Lanjut Faisal, tentunya hal ini menjadi perhatian khusus Pemprov Sumut untuk bisa mengembangkan olahraga gateball di Sumut. 

"Aset ini tentunya kami akan jaga dan rawat dengan baik. Di sisi lain, prestasi juga akan terus diukir oleh para atlet gateball lewat berbagai event yang akan digelar di venue gateball tersebut," ungkapnya

Faisal menuturkan, mengapa lapangan gateball ini menjadi yang terbaik? Kemungkinan, karena syaratnya sudah terpenuhi, misalnya sudah berstandar nasional bahkan internasional. 

"Sama-sama kita ketahui, banyak lapangan gateball itu masih rumput alami. Namun, di Lapangan Gateball Sumut, rumputnya sudah menggunakan rumput sintetis," ucapnya.

Sultra Belajar dari Sumut

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Pergatsi Provinsi Sulawesi Tenggara Asrun Lio mengakui Lapangan Gateball Sumut tersebut merupakan yang terbaik di Indonesia.

"Kami hadir dan telah menyaksikan venue gateball di Sumut ini. Sesuai pengamatan kami, inilah sebenarnya lapangan gateball terbaik. Dari seluruh lapangan gateball yang ada di Indonesia, Lapangan Gateball Sumut merupakan yang terbaik di Indonesia," ujarnya saat berkunjung, Senin siang.

Tak sekadar berkunjung, Sekda Pemprov Sultra ini ternyata ingin belajar dari Sumut untuk membangun lapangan gateball berstandar nasional. 

"Kami membawa tim dari Dinas PUPR untuk bagaimana mempelajari dan mengkaji venue gateball tersebut. Hal ini dilakukan agar pada tahun 2025 kami membangun venue seperti itu," tuturnya. (PBPONXXISUMUT/IDRIS)