PON 2024

NEWS

Gateball Sumut Gagal Melangkah ke Semifinal Triple Pria, Tim Pelatih Ungkap Ini Alasannya

Minggu, 15 September 2024 | 21:44 WIB

Foto By(PB PON XXI SUMUT/ YOSEPH PENCAWAN)

PON XXI - MEDAN-Tuan rumah gagal melangkah ke semifinal Gateball kategori Triple Pria di ajang PON XXI Aceh-Sumut 2024. Ini setelah Sumut terhenti setelah pada pertandingan terakhir di babak penyisihan Grup A dengan hanya mampu menghasilkan 35 poin.

Babak penyisihan kategori Triple Pria cabang olahraga (cabor) Gateball PON XXI telah menyelesaikan seluruh pertandingan, Minggu (15/9/2024), di Lapangan Pergatsi Sumut, Medan. Langkah Sumut terhenti dengan hanya menduduki peringkat ketiga Grup A.

Sumut sejadinya masih berpeluang lolos semifinal setelah berhasil mendapat total nilai hingga 35 poin dari duel melawan Aceh pada pertandingan ketiga atau terakhir. 

Dan jika diakumulasi dengan total nilai pada laga pertama dan kedua yang sama-sama sebesar 24, maka jumlahnya mencapai 83 poin.

Namun, pada laga pamungkas babak penyisihan Grup A lainnya, NTT melawan  Sulsel ternyata sama-sama memperoleh akumulasi nilai sebesar 84 poin sehingga menempati peringkat pertama dan kedua klasemena akhir Grup A. 

NTT menjadi juara pool karena menang selisih poin melawan Sulsel.

Adapun empat provinsi yang berhasil lolos ke babak semifinal kategori Triple Putra adalah NTT (Juara Pool A), Sulsel (Runner Up Pool A), Sumbar (Juara Pool B) dan Bali (Runner Up Pool B). Pada babak semifinal, NTT akan melawan Bali dan Sulsel berhadapan dengan Sumbar.

Pelatih Tim Gateball Sumut, David Susilo, menyayangkan kegagalan ini, sebab dia menilai tim asuhannya sudah bermain baik. 

Mereka bahkan sempat unggul jauh dari NTT pada babak pertama di awal babak penyisihan, yakni 15 poin berbanding 8.

"Namun selanjutnya, strategi tim sudah tidak terarah. Seperti sering menembak jarak jauh yang semestinya itu tidak perlu ditembak," ungkap David, seusai babak penyisihan.

Bila bermain sedikit lebih sabar, dia yakin tim Sumut akan mampu mempertahankan keunggulan. Selain itu, tim juga melakukan beberapa kesalahan dan dapat dimanfaatkan maksimal oleh NTT untuk mendulang poin dan memenangkan pertandingan.

Padahal, dalam open turnament Gateball yang digelar di Bali pada Desember 2023, tim Triple Pria Sumut mampu mengungguli NTT, dengan komposisi pemain yang sama. Begitu juga saat berhadapan dengan Sulsel pada pertandingan kedua di babak penyisihan.

Menurut dia, tim Sumut sebenarnya unggul dalam permainan. Namun kesalahan serupa sempat dilakukan tim pada babak pertama sehingga hanya mendapat 9 poin, berbanding Sulsel yang memperoleh 16 poin.

"Kembali masalah penempatan bola lagi. Seharusnya bola tidak dimasukkan, atau ditahan dulu, tetapi mereka masukkan. Jika itu dilakukan,  poin kita bisa sampai 19," kata David.  (PB PON XXI SUMUT/ YOSEPH PENCAWAN)