PON 2024

NEWS

Resmi Dipertandingkan di PON XXI, Cabor Gateball Perebutkan 8 Medali Emas

Minggu, 15 September 2024 | 21:35 WIB

Penyisihan_Gateball_Triple_Pria_Andi_Rambe_150924 Atlet Tim Gateball Triple Pria Sulawesi Tengah saat bertanding melawan tim Gateball Triple Pria Kalimantan Timur pada babak penyisihan Gateball Triple Pria PON XXI Aceh-Sumut 2024 di lapangan Pergatsi Sumut, Medan, Minggu (15/9/2024).PB PON XXI Sumut/ Andi Suhendri Rambe

PON XXI - MEDAN-Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 menjadi sejarah bagi cabang olahraga (Cabor) Gateball. Pasalnya, resmi dipertandingkan pada event akbar empat tahunan tersebut.

Hari ini, Minggu, 15 September di Lapangan Pergatsi Sumut, Jalan KL Yos Sudarso, Medan, gateball mulai dipertandingkan di PON XXI.

Sebanyak 8 medali emas dari 8 nomor pertandingan yang diperebutkan para kontingen peserta.

Kedelapan medali emas itu, masing-masing untuk delapan nomor pertandingan yaitu, tunggal putra, triple putra, tunggal putri, triple campuran, ganda putra, beregu campuran, ganda campuran dan beregu putra.

Ketua Dewan Wasit Gateball PON XXI, Budi Sulistiyono menjelaskan sejatinya ada 11 medali emas yang akan diperebutkan, namun akhirnya diputuskan hanya delapan emas.

"(Cabor) gateball ini adalah pertandingan PON yang pertama (dipertandingkan secara resmi). Di gateball ini, ada 11 medali emas yang seharusnya bisa dipertandingkan pada PON. Namun, sesuai dengan kebijakan dari KONI Pusat, maka sementara ini baru bisa 8 (medali emas)," ujarnya saat technical meeting bersama para kontingen, atlet dan ofisial di Griya Hotel, Medan, Sabtu (14/9/2024).

Menurut Budi, adanya 8 medali emas yang diperebutkan dalam cabor gateball tersebut tentunya sebagai bentuk apresiasi dan juga kesempatan pada para atlet.

"Ini (8 medali emas) merupakan suatu hal yang sudah sangat luar biasa. Sebab, masing-masing kontingen, terutama kontingen daerah yang selama ini barangkali sedikit menyumbangkan medali emas, perak dan perunggu, maka memiliki peluang untuk mendapatkan medali," ujarnya.

Budi berharap, dengan adanya turnamen resmi gateball di PON ini tentu dapat menjadi perhatian oleh para kontingen, terutama para KONI provinsi. 

"Apabila penyelenggaraan cabor gateball dalam PON XXI ini terselenggara dengan baik, maka insya Allah pada gelaran PON berikutnya akan diadakan lagi,” sebutnya.

Bahkan, lanjutnya, kemungkinan nomor pertandingan bertambah menjadi 11 nomor yang memperebutkan emas. 

“Ini tentunya memberi angin segar kepada pembinaan gateball di nusantara. Untuk itu, para kontingen, atlet, manajer hingga ofisial, mari kita melaksanakan pertandingan ini dengan jiwa sportivitas yang tinggi," ungkapnya.

Sementara itu, Pelatih Gateball Sumut, David Susilo Budi mengapresiasi Panitia Besar (PB) PON XXI yang telah menyiapkan 8 medali emas pada cabor gateball.

Ia pun berharap kontingen Sumut dapat meraih medali emas. "Target kami tidak muluk-muluk, yaitu 2 medali emas di cabor gateball," ucapnya. (PB PON XXI SUMUT/IDRIS)