PON 2024

NEWS

Antusias Besar, Sekitar 4 Ribuan Penonton Padati Venue Voli Indoor Sumut

Minggu, 15 September 2024 | 20:41 WIB

Suasana Penonton saat pertandingan pertandingan fase grup bola voli putri PON XXI Aceh-Sumut 2024 di GOR Bola Voli Indoor Sumut Sport Center, Deli Serdang, Sumatera Utara, Minggu (15/9/2024). PON XXI SUMUT/RISKY CAHYADI

PON XXI - DELISERDANG - Diperkirakan sekitar 4 ribu penonton memadati venue voli indoor sport center Sumut Desa Sena, Kecamatan Batang Kuis Kabupaten Deli Serdang, Minggu (15/9/2024).

Sejak dimulainya pertandingan voli, ratusan hinggai ribuan masyarakat dari berbagai daerah dan Sumut datang untuk menonton. Bertepatan dengan akhir pekan, jumlah penonton di luar dugaan. Jumlah penonton mencapai 4 ribuan.

Ramainya penonton diperkirakan karena antusias masyarakat yang ingin menonton pertandingan tim voli putri Jawa Barat (Jabar) melawan Jawa Tengah (Jateng). 

Diketahui, pemain Jabar dan Jateng diperkuat pemain Proliga dan turnamen nasional lain. Bahkan keduanya telah bertemu saat final di PON Papua pada 2021 lalu. Jabar pun meraih medali emas sementara Jateng meraih perak.

"Hampir empat ribu penonton sementara kapasitas venue lima ribu," kata Ketua Panitia Pelaksana Pertandingan voli indoor Indra Sakti yang menyaksikan langsung.

Untuk mengantisipasi berbagai hal yang tidak diinginkan, Indra telah menyiagakan petugas keamanan. Hingga pertandingan berakhir, tidak ada insiden apapun. 

"Ada pengamanan eksternal dan internal. Ada petugas keamanan yang berpakaian biasa dan berpakaian dinas, juga dari panitia. Jadi, semua sudah terkoneksi," jelasnya.

Sementara itu, Wawan yang datang bersama keluarganya dari Kisaran, Asahan, mengaku pertandingan ketua tim raksasa tersebut sangat seru. "Seru bang. Kedua tim kan memang dijagokan juara. Mereka pemain pemain Proliga dan nasional," kata wawan yang sengaja datang dari Kisaran bersama keluarganya.

Senada dengan Wawan, Ishar yang berasal dari Labuhan Batu Utara sengaja pulang kampung ke Deli Serdang hanya untuk menonton pertandingan PON XXI. Secara kebetulan laga akbar Jabar melawan Jateng digelar. 

Ishar dan rombongan juga bermaksud melihat Boy Arnez, pemain Jabar yang lahir di Rantau Prapat, Labuhanbatu. “Karena dia orang Labuhanbatu makanya kami sengaja menonton kesini,” katanya.

Ia juga terkejut saat mendapati padatnya penonton di venue. Menurutnya ada ribuan penonton yang meramaikan venue tersebut.

Bahkan ada suporter yang datang dari Jabar langsung. Mereka ikut meramaikan suasana dengan tabuhan gendang. Tidak kalah dengan Jabar, suporter yang datang dari Jateng pun turut memberi semangat pada tim kesayangannya.

Suasana bertambah riuh, manakala Jabar mendapat poin. Suporter yang datang dari Jabar menabuh gendang. Begitu juga suporter yang datang dari Jateng tak mau ketinggalan,menabuh gendang memberi semangat kepada tim Jateng. (PB PON XXI SUMUT/Yunan)