PON 2024

NEWS

Kalahkan Aceh, Sulteng Melenggang ke Babak 8 Besar

Minggu, 15 September 2024 | 20:29 WIB

Pebola voli Sulteng (biru) melepas smes ke pebola voli Aceh (merah) pada pertandingan fase grup bola voli putra PON XXI Aceh-Sumut 2024 di GOR Bola Voli Indoor Sumut Sport Center, Deli Serdang, Sumatera Utara, Minggu (15/9/2024). PON XXI SUMUT/RISKY CAHYADI

PON XXI - DELISERDANG - Setelah mengalahkan tim voli putra Aceh dengan skor 3-2 di GOR Voli Indoor Sport Centre Sumut, Minggu (15/9/2024), tim voli putra Sulawesi Tengah (Sulteng) melenggang ke 8 besar.

Pertandingan, Aceh melawan Sulteng berlangsung sengit. Kedua tim berusaha saling mencuri poin. Pertandingan yang sengit itu menjadi penentu kedua tim untuk melangkah ke babak 8 besar.

Pada set pertama, Sulteng menang 25-21. Namun, di set kedua Aceh berhasil menyamakan kedudukan 1-1 dengan skor 25-21. Kemenangan di set kedua ini menambah semangat tim Aceh dibawah asuhan M Yusuf yang kembali menang di set ketiga dengan deuce 30-28. 

Tidak mau kalah di babak keempat, Sulteng kembali bangkit agar tidak kalah dan tersingkir. Pertandingan di set ke 4 semakin seru karena kedua tim sama-sama mencoba merebut poin. Akhirnya, di set keempat, dengan deuce, Sulteng menang dengan skor 31-29. 

Di set kelima yang merupakan set penentu, kedua tim berupaya saling menambah poin. Sempat terjadi beberapa kali rally panjang. Namun, Aceh harus menyerah pada Sulteng juga setelah deuce dengan skor 18-16.

Dengan kemenangan ini, Sulteng yang pada tiga pertandingan sebelumnya mengalami kekalahan, lolos ke 8 besar dengan 3 poin.

Asisten pelatih tim voli Sulsel, Rauf bersyukur karena anak asuhnya lolos ke 8 besar. "Kita lolos ke 8 besar, karena satu pool ada 5 provinsi dan kita di posisi 4," katanya.

Dikatakannya, sebelumnya mereka kalah di tiga pertandingan. Namun, di pertandingan terakhir atau penentu ternyata dapat mengalahkan Aceh.

Disinggung sengitnya pertarungan sehingga tiga kali deuce, Rauf mengakui pertandingan memang sengit. "Karena tadi Aceh ada variasi, ada perlawanan. Alhamdulillah, kita ambil di set 4 dan 5. Di set ke 4 dan 5 memang sudah sengit, di set kedua dan ketiga kita kalah di blok. Lalu kita antisipasi dengan blok-blok cepat dan koordinasi, intinya main tenang, fokus, receive dan serangan harus maksimal karena disitu poin," ucapnya.

Rauf memprediksi akan menghadapi tim dari Jawa pada pertandingan berikutnya. Ia mengakui tim dari Jawa memiliki kualitas yang baik sebab banyak yang berasal dari Proliga dan turnamen nasional lain. 

"Tapi, kita akan bermain maksimal, kami juga memiliki pemain andalan, ada Dedi, Fahrul, Ogus, Akram sebagai setter dan libero,” kata Rauf. (PB PON XXI SUMUT/Yunan)