PON 2024

NEWS

Ganda Campuran Bali Komang/Sisca Sumbang Emas Tenis Meja

Minggu, 15 September 2024 | 18:26 WIB

Tenis_Meja_Ganda Campuran_Final_Tarmizy_Harva_150924Ganda campuran tenis meja Bali Sisca Pratiwi dan Komang Sugita mengembalikan bola kearah lawannya ganda campuran Jawa Timur Affan Mauludana Pratama dan Dwi Oktaviani Sugiarto dalam babak final Tenis Meja Ganda Campuran PON XXI Aceh-Sumut di GOR Angsapura Medan, Minggu (15/9/2024). Pasangan Sisca dan Komang mengalahkan Vita dan Affan 3-2. PB PON XXI Sumut /Tarmizy Harva

PON XXI - Medan: Ganda campuran tenis meja Bali berhasil menyumbangkan medali emas pertama bagi kontingen di Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumut 2024. Pada final di GOR Angsapura Medan, Minggu (15/9/2024) sore, Bali yang diperkuat pasangan Komang/Sisca mengalahkan pasangan Jawa Timur, Affan/Vita dengan skor 3-2.

Pada jalannya laga, kedua pasangan saling Jual beli pukulan. Smash dan backhand dipertontonkan oleh kedua tim ganda campuran ini. Affan dengan smash-smash mautnya, tidak mampu ditahan oleh Komang dan Sisca. Hingga di set pertama dimenangkan tim Jawa Timur dengan skor 15-13, dengan durasi 10 menit.

Di set kedua, Affan dan Vita masih menunjukkan taringnya pada Komang dan Sisca, dengan pukulan-pukulan mematikan. Namun, pasangan Affan dan Vita juga tidak berjalan mulus-mulus saja. Pasangan Komeng dan Sisca di babak kedua ini baru mengeluarkan performa dengan menunjukan smash-smash akuratnya dan sistem posisi bertahan.

Strategi yang dijalani  pasangan Komang dan Sisca, akhirnya membuahkan hasil. Ini terbukti pasangan ini berhasil menang di set kedua dengan skor 11 - 6.

Pada set ketiga, kedua tim sama-sama menunjukkan skill-skill pemain nasional. Saling serang dan jual beli pukulan pun lebih sering ditunjukan kedua tim. Sorak Sorai penonton dan suporter dari kedua tim ini begitu meriah, sebagai motivasi buat kedua pemain agar tetap semangat.

Saling rebut poin di set ketiga ini terlihat. Ini terlihat saling kejar mengejar poin di angka 10-10, kemudian diambil Bali 11-10, Disusul Jatim menjadi 11-11. Hingga akhirnya Bali pimpin 2 - 1 buat dengan skor 13-11.

Di set ke empat pun kedua tim masih menunjukan semangat yang tinggi dalam meraih emas. Kejar mengejar poin pun terlihat semakin rapat. Pasangan Affan dan Vita menunjukkan trik-trik yang dinilai dapat mengelabui lawannya. Trik tersebut berhasil hingga di set keempat dimenangkan Affan dan Vita dengan skor 11 - 6.

Di set ke lima yang merupakan set penentuan, kedua tim lebih agresif dalam meraih poin. Pasangan Komang dan Sisca pun tidak mau kecolongan poin di set penentuan ini dengan melakukan perlawanan menepis bola smash dari pasangan Affan dan Vita. 

Kejar mengejar poin pun diset penentuan ini terlihat. Pada detik-detik terakhir tim Jawa Timur tertinggal empat poin dan pada akhirnya Tim Bali lebih unggul dan memenangkan pertandingan dengan skor 11 - 6  dan meraih medali emas. (PB PON XXI SUMUT/ Ariadi)