PON 2024

NEWS

Richie Richardo Lolos 16 Besar Meski Sempat Hilang Fokus

Minggu, 15 September 2024 | 17:12 WIB

Pebulu tangkis Jawa Tengah Richie Duta Richardo. Photo by : Christopel/ PB PON XXI SUMUT

PON XXI - MEDAN - Richie Duta Richardo jadi pemain unggulan terakhir yang memastikan lolos ke babak 16 besar cabang olahraga (cabor) bulu tangkis nomor perorangan putra Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024. Pada laga babak 32 besar di GOR PBSI Dispora Sumut, Jalan Pancing, Medan (15/9/2024), Richie yang mewakili Jawa Tengah (Jateng) menang atas pebulu tangkis Daerah Istimewa (DI) Yogyakarta, Nash Shaar Akmal dengan skor 21-14, 21-19.

Richie, unggulan keempat, sempat tampil kurang meyakinkan di awal-awal set pertama. Bola-bolanya banyak yang berakhir sebagai unforce error. Beberapa serangannya juga dengan mudah dimentahkan Akmal.

Usai laga, Richie mengatakan hal ini disebabkan ia kurang cepat beradaptasi kembali setelah sebelumnya bermain di nomor beregu.

“Main perorangan pasti beda sama beregu. Di sini (perorangan) saya sebenarnya bisa main lebih lepas, karena tidak memikirkan kawan dan skor besar. Tanggung jawab sendiri. Namun justru di awal-awal jadi sulit. Saya kehilangan fokus, main jadi kendur, ketinggalan terus, apalagi di set,” katanya.

Beruntung bagi Richie. Di saat-saat tergenting dia bisa menemukan ritmne yang pas. Menurut atlet kelahiran 23 November 2007 ini, ada satu momentum yang membuatnya kembali on track.

“Tadi sapat satu momen, bola datang sesuai keinginan saya. Setelah itu jadi merasa lebih enak dan permainan kemudian jadi milik saya. Kuncinya memang bagaimana supaya bisa lebih fokus saja,” ucapnya.

Kemenangan ini merupakan yang kedua bagi Richie atas Nash Shaar Akmal. Sebelumnya mereka berlaga di nomor beregu.

Richie selanjutnya akan berhadapan dengan pebulu tangkis Kalimantan Timur (Kaltim) Zidane Cahyo Nugroho. Dikemukakan Richie, pertandingan ini bakal sengit dan alot. Zidane, imbuhnya, punya kualitas teknis bagus.

“Saya pernah ketemu dia di Kejurnas 2023. Waktu itu saya menang rubber set. Permainan dia bagus dan pastinya berkembang juga. Mudah-mudahan saya bisa menang lagi dan makin dekat pada target untuk meraih medali,” katanya.

Selain Richie, para pebulutangkis unggulan di sektor tunggal putra juga melangkah ke 16 besar. Wakil Jateng lainnya yang jadi unggulan satu, Moh Zaki Ubadillah, juga unggulan dua M Rizky Akbar dari Jawa Timur (Jatim) lolos tanpa perlu berkeringat lantaran mendapat bye. Adapun unggulan tiga M Fachry Akbar menang atas Nathaniel B Tangkilisan, 21-18, 21-10.(PB PON XXI SUMUT/CHRISTOPEL)