PON 2024

NEWS

Alvin Tumbang, Sumut Kubur Harapan Medali Tunggal Putra Bulu Tangkis

Minggu, 15 September 2024 | 17:04 WIB

Pebulutangkis Sumatera Barat (Sumbar), Abaiza Petersay. Photo by : Christopel/ PB PON XXI SUMUT

PON XXI - MEDAN – Atlet tunggal putra bulu tangkis Sumatera Utara (Sumut), M Alvin Prayoga, harus mengakhiri perjalanan lebih cepat di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024. Bermain di Gedung PBSI Sumut, Minggu (15/9/2024), Alvin terhenti di babak 32 besar usai tumbang straight set 18-21, 20-22 di tangan pebulutangkis Sumatera Barat (Sumbar), Abaiza Petersay.

Awal laga berlangsung ketat. Alvin tertinggal cepat 2-5, tapi berhasil bangkit dan menyamakan kedudukan 6-6 lewat pukulan-pukulan smash menyilang yang jadi andalannya. Bahkan, atlet kelahiran Kisaran, 2 Juni 2006, ini berhasil membalikkan keadaan 7-6 setelah lawannya gagal mengembalikan shuttlecock.

Meski sempat disamakan menjadi 8-8, Alvin berhasil menjaga ketenangan dan unggul 11-9 saat memasuki interval gim pertama.

Setelah jeda, Alvin masih memimpin hingga 16-14. Namun keunggulan tersebut tak mampu ia pertahankan. Abaiza menyusul dan menutup gim pertama 21-18.

Alvin yang berupaya menyelamatkan gim kedua mencoba menggeber serangan tapi justru tertinggal 1-4. Ia kembali mengejar dan menyamakan skor menjadi 4-4. Setelah ini pertandingan diwarnai adu rally, dan Alvin mampu meninggalkan Abaiza dua poin saat laga memasuki interval.

Alvin meneruskan pola yang sama. Strategi ini kelihatan akan berhasil tatkala ia meraih poin demi poin. Sayangnya, pada skor 17-13, Alvin goyah dan kehilangan konsentrasi. Momentum hilang. Celakanya, situasi ini dimanfaatkan Abaiza dengan cermat dan mencetak lima poin beruntun.

Laga kian ketat. Alvin berupaya kembali menemukan ritme. Namun Abaiza sudah terlanjur sangat percaya diri. Meski berhasil memaksakan deuce pada kedudukan 20-20, Abaiza yang lebih tenang menutup gim ini 22-20.

Kekalahan Alvin membuat peluang Sumut meraih medali dari nomor perorangan putra sirna. Sebelumnya, tunggal putra Sumut lainnya, Jeremiah Mark, juga harus mengepak koper setelah ditekuk wakil Jawa Timur (Jatim) Adriel Ferdinand dua set langsung 16-21 dan 12-21.(PB PON XXI SUMUT/Christopel)