PON 2024

NEWS

Raih Medali Emas, Mayoret Drumband Putri DKI Jakarta: Pecah Banget Rasanya

Minggu, 15 September 2024 | 16:58 WIB

Drumband1_UPP putri 4000 m_Kusuma Wijaya_140924 Tim drumband DKI Jakarta nomor LKKB putra 4000 meter memperoleh medali emas dalam ajang PON XXI Aceh-Sumut di Jalan Sultan Serdang, Desa Sena, Deli Serdang pada Sabtu (14/9/24). PB PON XXI SUMUT / Kusuma Wijaya

PON XXI - DELISERDANG-Kontingen DKI Jakarta akhirnya berhasil meraih emas perdana dari Cabang Olahraga (Cabor) Drumband PON XXI Aceh-Sumut 2024. Medali tersebut diraih dari nomor Lomba Ketahanan dan Ketepatan Berbaris (LKKB) 4000 meter putri. 

Pencapaian medali itu disambut antusias Mayoret Kontingen DKI Jakarta, Siti Nurulita (21). Dia menegaskan senang bisa membantu menyumbangkan emas bagi kontingen DKI Jakarta. 

"Pecah banget rasanya. Senang baru pertama kalinya di PON 2024 dapat emas di LKKB putri empat kilometer," katanya. 

Mahasiswi Universitas Negeri Jakarta (UNJ) itu mengaku,  tak mengalami kendala apapun saat tampil di nomor LKKB Putri 4000 meter. 

"Enggak ada kendala, karena semuanya sudah dipersiapkan dengan baik," kata perempuan yang akrab disapa Lita tersebut. 

Lita mengaku, dirinya tidak sedikitpun merasakan lelah saat tampil. Meskipun, harus menempuh jarak yang jauh dengan cuaca yang panas. 

Ia mengatakan, tim pelatih Drumband DKI Jakarta selalu memberikan latihan dengan jarak 8 kilometer. Sehingga, untuk menempuh 4 kilometer, dirinya sudah terbiasa. 

"Enggak capek, sudah terbiasa, karena latihannya biasanya 8 kilometer, bukan 4 kilometer, jadi biasa aja," ujarnya. 

Selain itu, faktor doa sebelum tampil dan dari orangtuanya semakin menambah kepercayaan dirinya. 

"Sebelum tampil saya berdoa aja, sama yel-yel penyemangat diri. Tarik nafas dalam-dalam,  tenangkan diri," ungkapnya. 

Hingga saat ini, Lita mengaku belum memberi tahu orang tua atas capaian prestasinya di PON XXI Aceh-Sumut. 

"Orang tua enggak ikut, belum saya kabari karena enggak pegang HP. Alhamdulillah, dari SMA ikut Marching Band, orang tua selalu dukung," jelasnya. 

Lita juga menceritakan awal dirinya bergabung ke tim Drumband DKI Jakarta. Dimana, dia mendapat informasi di kampus soal adanya seleksi Drumband DKI Jakarta untuk mengikuti Kejuaraan Nasional (Kejurnas). 

"Tahun 2021 itu ada info perekrutan atlet Drumband. Nah saya ikut seleksi dan lolos. Kemudian tampil di Kejurnas, BK PON dan terakhir ini PON," sebutnya. 

Diketahui, saat ini kontingen DKI Jakarta sudah meraih 1 emas dan 2 perak dari Cabor Drumband. Medali emas didapatkan dari nomor LKKB 4000 meter putri dan 2 perak dari nomor LUG dan LBB.  (PB PON XXI SUMUT/SATRIA HADHI)