PON 2024

NEWS

GM Novendra Priasmoro Jawara Catur Cepat PON XXI 2024

Minggu, 15 September 2024 | 14:52 WIB

Pecatur DK Jakarta GM Novendra Priasmoro berhasil meraih Emas untuk Catur Cepat Perorangan Putra pada PON XXI SUMUT 2024, tempat kedua CM Muhammad Kamalsyah dari Kalimantan Barat sedang medali perunggu diraih oleh FM Arif Abdul Hafiz dari Jawa Barat. PON XXI SUMUT 2024 dilaksanakan di Mikie Holiday Resort & Hotel Berastagi. (14/09/2024) PB PON XXI / A. ENDRO RUSHARYANTO

PON XXI - KARO - GM Novendra Priasmoro, pecatur andalan Daerah Khusus (DK) Jakarta di nomor perorangan putra, kembali meraih medali emas di cabor catur PON XXI Aceh - Sumut 2024 yang berlangsung di Hotel Mikie Holiday, Desa Sempajaya, Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo, Sabtu (14/9/2024).

Setelah berhasil meraih medali emas di kategori catur kilat nomor perorangan putra di hari sebelumnya, Novendra kembali memastikan dirinya menjadi jawara dengan perolehan medali emas di kategori catur cepat di tiga babak terakhir hari ini.

Novendra mengunci posisi teratas usai sukses mengumpulkan nilai 8. Sementara, pecatur Kalimantan Barat Muhammad Kamalsyah finish di posisi runner-up dengan perolehan nilai 7 dan disusul oleh pecatur Jawa Barat Arif Abdul Hafiz di posisi ketiga dengan nilai 6,5.

"Saya masih tetap yakin dapat meraih hasil terbaik di pertandingan selanjutnya. Target saya di sisa pertandingan tetap medali emas. Terima kasih atas dukungan semua tim, baik dari rekan-rekan atlet maupun official catur Jakarta," ungkap Novendra di sesi wawancara bersama awak media.

Sementara, Ketua Umum Percasi DK Jakarta, Pandapotan Sinaga meyakini tim catur DK Jakarta akan terus mampu menambah perolehan medali pada pertandingan catur di kategori lainnya. Ia percaya tekad itu bakal dapat diwujudkan oleh anak didiknya.

"Berkat kerjasama semua tim, baik atlet maupun official serta berkat dari Tuhan, prestasi gemilang ini dapat diraih para atlet kita. Kami berharap dengan meraih medali emas sebanyak-banyaknya, dapat terus meningkatkan prestasi serta dapat menciptakan grand master baru," harap Pandapotan.

Untuk itu, pada perhelatan PON XXI 2024 ini, Pandapotan menyatakan akan terus berjuang untuk dapat meraih medali sebanyak-banyaknya di sisa pertandingan yang ada. Ia menargetkan atlet catur DK Jakarta dapat memborong medali emas yang masih tersisa.

"Kita selaku pengurus Percasi pasti berusaha agar semua dapat dimenangkan. Kita tetap optimis untuk itu. Kita akan tetap fight untuk pertandingan selanjutnya. Semoga hasil baik dapat kita raih sampai akhir PON ini," harapnya.

Pada kejuaraan nasional ini, kontingen DK Jakarta membawa seluruh pecatur muda untuk bertarung melawan pecatur dari berbagai provinsi se-Indonesia. Para atlet catur DK Jakarta yang bertanding pada PON 2024 menjadi yang termuda dari kontingen lainnya karena rata-rata masih berumur dibawah 20 tahun.

Menanggapi itu, Pandapotan mengungkap jika pihaknya memang melakukan pembinaan terhadap atlet catur dimulai sejak usia dini. Percasi DK Jakarta, kata dia, memiliki tim yang secara rutin mengadakan latihan untuk para junior setiap akhir pekan, Sabtu dan Minggu.

"Itu kita adakan latihan untuk junior mulai umur 7 sampai 8 tahun. Jadi tim ini sangat intens melatih anak-anak kecil untuk mencintai catur. Setiap ada anak yang punya bakat catur, langsung kita tarik untuk ikut latihan profesional," pungkas Pandapotan.

Untuk diketahui, tim catur DK Jakarta masih mendominasi di kategori catur cepat. DK Jakarta meraih medali emas di nomor perorangan putra dan beregu putri serta medali perunggu di nomor perorangan putri. DK Jakarta hanya gagal meraih podium di nomor beregu putra usai finish di urutan keempat. (PB PON XXI SUMUT/Pardingotan Simalango)