PON 2024

NEWS

Mantan Atlet Olimpiade Habib Nasution Hadir di Cabor Akuatik PON

Sabtu, 14 September 2024 | 23:05 WIB

Mantan Atlet Olimpiade Habib Nasution Hadir di Cabor Akuatik PON

PON XXI - Medan: Mantan atlet renang Indonesia Asal provinsi Sumatera Utara (Sumut)  sekaligus atlet olimpiade, Habib Nasution menyaksikan langsung perlombaan cabang renang di Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024. Kehadiran atlet berusia 92 tahun itu turut meramaikan hari pertama lomba cabang renang, di Kolam Renang Selayang Medan, Sabtu (14/9/2024).

Bersama sang cucu, Habib Nasution tiba di area Kolam Renang Selayang dengan menggunakan kursi roda. Kedatangannya disambut Ketua Pengurus Provinsi (Pengprov) Akuatik Indonesia Kabir Bedi dan beberapa unsur panitia PB PON XXI.

"Pak Habib Nasution adalah atlet renang legendaris asal Sumatera Utara yang pernah mewakili Indonesia di beberapa event internasional. Saya mengenal beliau  sejak masih remaja, persisnya saat bergabung di salah satu klub renang di Medan," kata Kabir Bedi.

Mantan Dirut Perumda Tirtanadi Sumut tersebut menyatakan sangat mengapresiasi kehadiran pria yang akrab disapa 'Om Habib' itu. Meski kondisinya sudah sangat tua, masih meluangkan waktu untuk menyaksikan langsung pertandingan PON.

Kehadiran Habib Nasution, katanya, diharapkan semakin menambah semangat para atlet sekaligus membuka harapan baru bagi Sumut ke depan dalam hal  pembinaan. “Tentu untuk mengharumkan kembali nama Sumut di kancah olahraga akuatik, seperti renang, loncat indah, renang artistik, dan polo air,” ujarnya. 

Dikatakan Kabir, pria yang lahir pada 13 November 1936 itu memang tidak bisa dipisahkan dari dunia olahraga, terutama renang. Tidak hanya itu,  Habib Nasution juga pernah  berperan menjadikan Sumut sebagai salah satu  provinsi yang disegani untuk cabang olahraga renang.

"Semasa aktif menjadi atlet renang, Om Habib juga  telah menorehkan berbagai prestasi di tingkat nasional dan internasional," tuturnya.

Sebagaimana diketahui, Habib Nasution menjadi atlet renang pertama asal Sumut yang berkompetisi mewakili Indonesia dalam dua nomor pada Olimpiade Musim Panas 1956. Habib tercatat menjadi bagian dari kontingen Indonesia pada perhelatan Olimpiade 1956 yang digelar di Melbourne, Australia.

Saat itu, Habib yang merupakan atlet renang turun pada nomor 100 meter gaya bebas dan 400 meter gaya bebas. Pada event bergengsi itu, Habib Nasution menempati peringkat ke-7 untuk nomor 400 M pada Olimpiade 1956 di Melbourne, Australia.

Prestasi berikutnya di Asian Games III 1958 Tokyo, Habib Nasution mempersembahkan perunggu untuk kategori estafet 4x100 M bersama rekannya Tio Tjoe Hong, Abdul Kadir dan Tjoan Kiet Lie. (PB PON XXI SUMUT/Irma Yuni)