You are currently viewing Laporkan Progres Persiapan PON Ke Pemerintah Pusat, Pj Gubernur Sumut Pastikan Semua Progress Masih On The Track

Laporkan Progres Persiapan PON Ke Pemerintah Pusat, Pj Gubernur Sumut Pastikan Semua Progress Masih On The Track

JAKARTA – Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hassanudin melaporkan progress persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut, kepada Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, dan Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo.

Hassanudin melaporkan seluruh progress persiapan PON di Wilayah Sumut masih sesuai target dan rencana. “Tadi kita melaporkan pada Pak Menko, Mendagri dan Menpora bahwa seluruh progress PON masih on the track atau sesuai dengan rencana, sejauh ini persiapan berjalan lancar, kita harapkan akan berjalan lancar terus,” kata Hassanudin, usai mengikuti Rapat Koordinasi Persiapan PON XXI Aceh-Sumut di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Selasa (14/5).

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut akan terus berupaya untuk menyukseskan penyelenggaraan PON di Sumut. Mengingat waktu pelaksanaan PON tinggal 117 hari lagi, tentunya persiapan memerlukan kerja ekstra dan kerja bersama seluruh pihak.

“Sudah 117 hari lagi, kami terus memperketat koordinasi dan sinergi seluruh pihak, kami (Pemprov) juga mengajak seluruh masyarakat ikut mendukung kesuksesan PON di Sumut,” kata Hassanudin.

Meski begitu, Hassanudin yakin bahwa masyarakat Sumut, pastilah turut serta menyukseskan PON di wilayahnya. Menurut Hassanudin, keharmonisan masyarakat Sumut sudah terbukti dengan keberagaman yang ada.

“Sumut senantiasa menjaga keharmonisan dalam keberagaman, kegiatan olahraga ini kami sambut dengan baik dan gegap gempita, sudah puluhan tahun kesempatan menjadi tuan rumah ini ditunggu dan sekarang akhirnya datang,” ujar Hassanudin.

Dalam konferensi pers usai rapat, Menko PMK Muhadjir Effendy menyampaikan PON dijadwalkan digelar pada 8-20 September 2024. Artinya waktu yang tersisa tinggal 117 hari lagi. Pemerintah juga telah melaksanakan rapat tingkat menteri dalam rangka mencari solusi dari berbagai isu yang tertunda.

“Berdasarkan laporan masing-masing Kementerian dan Pemerintah Provinsi Aceh dan Sumatera Utara, pembangunan infrastruktur utama dan pendukung di kedua provinsi tersebut dipastikan sudah berjalan lancar dan sesuai target. Dan diharapkan akan selesai saat akan digunakan pada waktu PON 2024,” kata Muhadjir.

Muhadjir juga memaparkan progress pembangunan venue di Sumut dan Aceh. Di Sumut, progress revitalisasi venue utama sudah mencapai 41,27% dan di Aceh sudah 31,35%. Sementara itu untuk memenuhi kebutuhan anggaran akomodasi, akan dilakukan sharing cost sekitar 50%, untuk pemerintah daerah penyelenggara dan 50% untuk pemerintah daerah yang mengirim atlet PON.

Tinggalkan Balasan